Manfaat Timun Untuk Kesehatan

Manfaat Timun Untuk Kesehatan

Manfaat Timun Untuk Kesehatan  ~ Untuk Anda yang belum mengetai apa saja manfaat kandungan timun mari kita bahas . Banyak orang tidak suka makan timun dan kebanyakan wanita padahal jika timun ini di makan teratur maka kesehatan anda juga akan bertambah, karna manfaat dan khasiat timun terserut berikut informasinya :

Pengertian Dan Khasiat Timun

timunMentimun, timun, atau ketimun merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Habitus mentimun berupa herba lemah melata atau setengah merambat dan merupakan tanaman semusim: setelah berbunga dan berbuah tanaman mati. Perbungaannya berumah satu (monoecious) dengan tipe bunga jantan dan bunga hermafrodit (banci). Bunga pertama yang dihasilkan, biasanya pada usia 4-5 minggu, adalah bunga jantan. Bunga-bunga selanjutnya adalah bunga banci apabila pertumbuhannya baik. Satu tumbuhan dapat menghasilkan 20 buah, namun dalam budidaya biasanya jumlah buah dibatasi untuk menghasilkan ukuran buah yang baik.

Buah berwarna hijau ketika muda dengan larik-larik putih kekuningan. Semakin buah masak warna luar buah berubah menjadi hijau pucat sampai putih. Bentuk buah memanjang seperti torpedo. Daging buahnya perkembangan dari bagian mesokarp, berwarna kuning pucat sampai jingga terang. Buah dipanen ketika masih setengah masak dan biji belum masak fisiologi. Buah yang masak biasanya mengering dan biji dipanen, warnanya hitam.

Berikut ini 7 manfaat dahsyat timun bagi kesehatan tubuh anda :

  1. Penghilang Racun Di Tubuh Secara Efektif. Kandungan air dalam timun yang hampir 95 persen akan memiliki efek menghilangkan racun didalam tubuh melalui urine maupun keringan yang kita keluarkan dalam berbagai aktivitas sehari-hari.
  2. Penangkal Kanker Yang Sangat Baik. Ini dikarenakan, timun mengandung lignin yang memiliki fungsi mencegah dari berbagai jenis kanker yang mengancam jiwa seperti kanker payudara, ovarium, rahim serta prostat.
  3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Pada Tubuh Anda. Kandungan vitamin C dalam timun berperan nyata untuk mempertahankan kondisi tubuh agar tidak mudah sakit maupun terserang berbagai penyakit seperti perubahan cuaca dan lain-lain.
  4. Pencegah Sembelit Yang Sangat Ampuh. Kandungan air yang melimpah serta serat dalam mentimun akan membantu menyehatkan organ pencernaan sekaligus melancarkan buang air besar atau menghilangkan sembelit yang mungkin anda alami.
  5. Pengontrol Tekanan Darah Yang Lebih Baik. Kandungan kalium, magnesium serta serat dalam timun ternyata sangat efektif mengobati tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah yang sering dialami oleh sebagian orang.
  6. Mengurangai Kadar Kolesterol Jahat Dalam Darah. Ini dikarenakan, timun mengandung sebuah senyawa yang bernama sterol yang mana sangat ampuh mengurangi kadar kolesterol jahat yang bisa membahayakan kesehatan tubuh anda.
  7. Obat Alami Bagi Penderita Diabetes. Ini dikarenakan, timun atau mentimun mengandung sebuah hormon yang berperan nyata memproduksi insulin pada sel-sel organ pankreas yang anda miliki.

Mungin Masih banyak khasiat yan lainya, hanya itu yang bisa kami sampaikan semoga informasi ini besa lebih bermanfaat untuk anda khususnya untuk pembaca dan yang membutuhkan.

Terimakasih

Sumber

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *